Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Kesehatan

Bahaya Minum Kopi di Sore Hari, Berikut Efek Buruknya pada Tubuh

22
×

Bahaya Minum Kopi di Sore Hari, Berikut Efek Buruknya pada Tubuh

Sebarkan artikel ini

Kopi, minuman yang umum dikonsumsi setiap hari, kembali menjadi sorotan karena kebiasaan minumnya pada sore hari dapat menyebabkan berbagai efek buruk pada tubuh. Sebagian orang menyukai sensasi pahit dan nutty dari kopi, terutama karena kandungan kafein yang dapat meningkatkan energi.

Meskipun kopi umumnya dikonsumsi di pagi hari, tak sedikit yang menikmatinya pada sore hari. Namun, sejumlah efek buruk dapat muncul, seperti dilansir dari Live Strong pada tanggal 20 Januari.

  1. Rasa Gelisah dan Kencangnya Jantung:
    Ahli diet, May Zhu, menjelaskan bahwa kopi mengandung kafein, suatu stimulan yang dapat membuat tubuh merasa lebih terjaga dan waspada. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak pada sore hari, kafein dapat menyebabkan rasa gelisah, gugup, dan jantung berdebar kencang. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa konsumsi kopi berlebihan.
  2. Gangguan Waktu Tidur:
    Kafein merangsang sistem saraf pusat dan menjaga kewaspadaan, yang dapat mengganggu waktu tidur seseorang. May Zhu mengingatkan bahwa konsumsi kopi menjelang tidur dapat mengurangi kualitas dan jumlah tidur yang diperlukan. Studi pada Sleep Medicine Reviews pada Februari 2017 menunjukkan bahwa kafein tidak hanya membuat orang terjaga, tetapi juga dapat mengurangi kualitas tidur.
  3. Frekuensi Kencing Malam Hari:
    Kafein memiliki efek diuretik ringan, membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Ini dapat mengakibatkan gangguan tidur dan berdampak pada kinerja kognitif di siang hari. Konsumsi kopi sore hari menjadi penyebab umum bangun tengah malam untuk buang air kecil.
  4. Berkeringat Malam Hari:
    Asupan kafein dari kopi pada sore hari juga dapat berpengaruh pada jumlah keringat yang keluar saat tidur. Studi pada Februari 2015 menemukan korelasi antara konsumsi kafein dan peningkatan keringat malam pada orang yang mengalami menopause.
  5. Rasa Lapar Malam Hari:
    Kafein dapat menekan nafsu makan, terutama jika dikonsumsi sebelum makan. Hal ini dapat berdampak pada rasa lapar di malam hari, memengaruhi kualitas tidur seseorang.
Baca Juga :  Ahli Saraf Beberkan Golongan Darah Yang Rentak Terkena Stroke di Usia Muda

Melihat dampak negatif tersebut, penting bagi penggemar kopi untuk memperhatikan waktu konsumsinya. Menghindari minum kopi pada sore hari bisa menjadi langkah bijak untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung tidur yang berkualitas.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *